Wisata Beihai Park

Daftarwisatadichina.web.idTaman Beihai memiliki sejarah yang unik. Taman Beihai dibangun sesuai dengan legenda tradisional Tiongkok. Alkisah ada suatu kisah bahwa suatu ketika ada tiga gunung ajaib bernama “Penglai”, “Yingzhou” dan “Fangzhang” yang terletak di sebelah timur Teluk Bohai (di Cina timur). Para dewa di pegunungan memiliki jenis obat herbal yang akan membantu manusia mendapatkan keabadian. Akibatnya, banyak kaisar Cina feodal di Tiongkok terus mencari gunung. Sebagai contoh, Kaisar Qin Shi Huang, kaisar pertama Dinasti Qin, ingin menjalani kehidupan abadi dan mengirim orang untuk mencari gunung ajaib, tetapi mereka gagal. Kemudian, di istananya, ia menggali sebuah kolam besar dan menumpuk tiga bukit untuk meniru situasi yang digambarkan dalam legenda. Kaisar Wudi, kaisar kelima Dinasti Han, melakukan hal yang sama. Dia merasa bahwa kombinasi gunung dan air dalam arsitektur Cina kuno memiliki efek yang sama sekali berbeda. Maka, sejak saat itu, hampir semua kaisar dinasti berikutnya akan membangun taman kerajaan dengan konfigurasi kolam tiga bukit sebagai negeri dongeng dekat istananya dan dibangun dengan gaya tradisional.

Hal itulah menjadi awal dibangunnya Beihai Park pada Dinasti Liao yang diperbaiki dan dibangun kembali pada dinasti berikutnya termasuk Jin, Yuan, Ming dan Qing. Pembangunan kembali besar-besaran pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing. Pada tahun 1925, taman ini pertama kali dibuka untuk umum dan menarik ratusan ribu pengunjung dari seluruh dunia setiap tahun.

Baca juga : Gunung Berwarna Pelangi Zhangye Danxia

Beihai Park mencakup area seluas sekitar 0,71 km persegi. Ada banyak tempat terkenal dan indah yang harus Anda kunjungi ketika tur di Beihai Park, yaitu Dagoba Putih. Dagoba Putih dibangun pada tahun 1651 untuk menunjukkan keyakinan dalam Buddhisme dan keinginan untuk penyatuan antara berbagai kelompok etnis Cina. Dagoba Putih hancur dalam gempa bumi dan direkonstruksi dua kali. Dibatasi oleh dua perunggu payung seperti kanopi, dengan 14 lonceng perunggu menggantung di sekitar mereka. Di depan Dagoba Putih adalah Kuil Dagoba Putih. Ada beberapa bangunan lain yang bisa Anda kunjungi jika Anda memiliki cukup waktu. Ini termasuk Zhengjue Hall, Menara Lonceng dan Genderang, Batu Tablet ‘Qiongdao Chunyin’ dan Hao Pu Creek.

Harga tiket masuk melalui pemesanan: CNY 10 (Apr.1 31 Oktober); CNY 5 (1 November – 31 Maret). Melalui Tiket box: CNY20 (Apr.1 31 Oktober); CNY15 (1 November – 31 Maret).

Jam buka mulai pukul 6:30-20:00 (Januari, Februari, Maret, November, Desember); pukul 6:30-21:00 (April, Mei, September, Oktober); pukul 6:30-22:00 (Juni, Juli, Agustus); pukul 8:30-17:00. Waktu yang direkomendasikan untuk mengujungi tempat ini adalah 2 jam.

Untuk menuju ke Beihai Park Anda bisa naik subway Jalur 4 dan turun di Stasiun Ping’anli dan berjalan di sepanjang Dianmen Xi Dajie ke timur selama 20 menit ke gerbang utara pintu masuk taman. Anda juga bisa naik bis 5, Zhuan 1, Zhuan 2, 109, 124, 202, 211, 614, 619, 685 atau Trolley Bis 101, 103, ke Beihai Park Station.

Selagi Anda di Beijing, sempatkanlah juga untuk melihat festival-festival di China, Prince Gong Palace, dan Tembok Ajaib Echo Wall. Apabila Anda merasa lelah, dapat menikmati pelayanan yang nyaman dari hotel – hotel di sekitar Beijing. Hotel yang dapat Anda kunjungi antara lain Traders Hotel, Oriental Garden Hotel, atau Jinglun Hotel.