The Bund, Shanghai

The Bund, Shanghai – Sebut saja gedung yang terkenal di antaranya bangunan Renaissance, Gothic, Beaux-Arts, Romanesque dan Art Deco. Dulunya merupakan dermaga di sepanjang sungai Huangpu, tepat di tengah kota Shanghai. The Bund memberikan sensasi menikmati indahnya sungai Huangpu yang menjadi jantung kota Shanghai dengan deretan bangunan berasitektur menawan di kanan kirinya. Bak berada di Little Eropa! Salah satu bangunan yang paling tersohor adalah Oriental Pearl Tower yang telah banyak dikenal oleh dunia.

Selain memiliki daya tarik gedung-gedung indah, di The Bund juga terdapat patung-patung cantik di beberapa titik yaitu patung The Bund Financial Bull atau pantung banteng emas sampai patung tokoh bernama Chen Yi yang merupakan Walikota pertama di China yang tak lain juga merupakan seorang komunis.

Riwayat The Bund Shanghai

Dulu, The Bund adalah salah satu kawasan tertua dan teramai di Shanghai. Para penguasa asing di Shanghai, yaitu Inggris, Prancis, dan Rusia membangun The Bund untuk menjadi pusat perkantoran. The Bund Shanghai sangat berkembang sejak abad ke-18. Karena itu arsitektur bangunan lama di sana banyak yang bergaya klasik & bercorak arsitektur Eropa seperti art deco. Sebuah Gaya arsitektur yang terkenal dengan klasik, glamour, konsumerisme dan kemewahannya.

Keindahan The Bund Shanghai

Jika kamu punya rencana berkunjung ke The Bund maka mengulik keberadaan ‘Lovers Wall’ adalah salah satu hal yang wajib dilakukan. ‘Lovers Wall’ itu sendiri merupakan tembok kokoh yang berfungsi sebagai pengendali gelombang setinggi 1.700 meter. Memanjang dari Taman Huangpu hingga sungai Xinxai, keindahan tembok ini memiliki kesan romantis.

Baca juga :

Nikmati juga sensasi melewati terowongan bawah air dari The Bund menuju Oriental Pearl Tower di Pudong dengan menggunakan ‘Sightseeing Tunnel’, perjalanan singkat nan mempesona ini hanya akan berlangsung sekitar 3-5 menit. Kita hanya perlu membayar tiket dengan harga 45-55 RMB untuk sekali jalan.

Untuk menikmati malam di The Bund, usahakan jangan melewati jam 10 karena lampu di Oriental Pearl Tower akan dimatikan. Sebaiknya datanglah selepas matahari terbenam jika ingin menikmati panorama city light dengan lebih sempurna.