Tempat Wisata Di China Kota Beijing

Kota Beijing sebagai Ibukota negara pastinya menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi ketika akan berwisata ke negara Cina. selain memiliki bangunan-bangunan yang bersejarah beberapa tempat di kota ini pun memiliki bentuk yang unik.

Beijing adalah ibu kota Republik Rakyat Tiongkok dan salah satu kota terpadat di dunia, dengan populasi 21.150.000 pada tahun 2013. Kota metropolis yang terletak di Tiongkok utara ini diperintah sebagai sebuah munisipalitas dikontrol langsung, di bawah pemerintah nasional dengan 16 daerah urban, suburban, dan distrik pedesaan. Munisipalitas Beijing dikelilingi oleh Provinsi Hebei dengan pengecualian bertetangga dengan Munisipalitas Tianjin di sebelah tenggara. Secara bersama-sama, ketiga divisi ini membentuk wilayah metropolitan Jingjinji dan wilayah ibu kota nasional Tiongkok.

BACA JUGA :

Beijing merupakan kota terbesar kedua di Tiongkok setelah Shanghai dari segi populasi perkotaan dan merupakan pusat politik, budaya, dan pendidikan negara. Beijing adalah kota markas dari sebagian besar perusahaan BUMN terbesar Tiongkok dan pusat utama jalan raya nasional,jalan tol, jalur kereta api, dan jaringan rel kereta cepat. Bandar Udara Internasional Ibu kota Beijing merupakan bandara tersibuk kedua di dunia berdasarkan trafik penumpang.

Sejarah kota Beijing dimulai sejak tiga millennium yang lalu. Sebagai ibu kota yang terakhir dari Empat Ibu Kota Kuno Agung Tiongkok, Beijing telah menjadi pusat politik negara selama delapan abad yang lalu. Kota ini terkenal dengan istana, kuil, taman, kebun, makam, tembok dan gerbang, dan pusaka seninya serta universitas telah membuatnya menjadi pusat budaya dan seni di Tiongkok. Encyclop√¶dia Britannica mencatat bahwa “sedikit kota di dunia yang telah menjadi pusat politik dan budaya untuk jangka waktu begitu lama dari suatu daerah yang sangat besar seperti Tiongkok”. Beijing memiliki tujuh Situs Warisan Dunia UNESCO yakni Kota Terlarang, Kuil Langit, Istana Musim Panas, Makam Dinasti Ming, Zhoukoudian, Tembok Raksasa, dan Terusan Besar. Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade 2008 dan terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022, yang akan membuatnya menjadi kota pertama yang pernah menjadi tuan rumah kedua iven tersebut.

Beijing terletak di ujung utara dari Dataran Tiongkok Utara, yang membuka ke selatan dan timur kota. Pegunungan di utara, barat laut dan barat melindungi jantung kota dan pertanian utara Tiongkok dari stepa gurun. Bagian barat laut dari kota, terutama Negara Yanqing dan Distrik Huairou , didominasi oleh Pegunungan Jundu, sementara bagian barat kelilingi oleh Pegunungan Xishan. Tembok Besar Tiongkok, yang membentang di bagian utara Kota Beijing, memanfaatkan topografi kasar ini untuk melindungi terhadap serangan tidak pasti dari stepa. Gunung Dongling dalam rentang Xishan dan di perbatasan dengan Hebei adalah titik tertinggi kota, dengan ketinggian 2303 m.

Sungai utama yang mengalir melalui kota ini Sungai Yongding dan Sungai Chaobai, bagian dari sistem Sungai Hai, dan aliran dalam arah selatan. Beijing juga terminal utara Kanal utama Tiongkok, yang dibangun di Dataran Tiongkok Utara ke Hangzhou. Waduk Miyun, dibangun di hulu Sungai Chaobai, adalah waduk Beijing terbesar, dan penting untuk persediaan airnya

Daerah perkotaan Beijing di bagian selatan-tengah kota dan menempati porsi kecil tetapi memperluas wilayah kotamadya. Menyebar di konsentris jalan lingkar, yang kelima dan terluar, di Ring Road Keenam (penomoran dimulai di dua), melewati beberapa kota satelit. Tian’anmen (Gerbang Kedamaian Surgawi) dan Lapangan Tian’anmen berada di pusat kota Beijing, langsung ke selatan Kota Terlarang, kediaman mantan Kaisar Tiongkok. Untuk sebelah barat Tian’anmen adalah Zhongnanhai, rumah bagi para pemimpin penting dari Republik Rakyat Tiongkok. Berjalan melalui pusat kota Beijing dari timur ke barat adalah Chang’an Avenue, salah satu jalan utama kota.