Tempat Wisata Di China Istana Photala

Istana Photala – Salah satu destinasi yang mungkin wajib anda kunjungi kala ke China adalah Istana Photala,Istana Potala terletak di Bukit Merah di pusat kota Lhasa Daerah Otonom Tibet Tiongkok. Istana yang besar dan megah itu dibangun mengikuti topografi bukit dan dijuluki “Mutiara di Atap Dunia”. Istana Potala adalah karya representatif arsitektur etnis Tibet yang cemerlang, juga salah satu bangunan zaman kuno yang paling terkenal di Tiongkok.

Istana Potala adalah tempat kegiatan politik, agama dan tempat tinggal Dalai Lama Tibet dari masa ke masa. Istana tersebut juga merupakan bangunan bertingkat paling besar yang ada di Tibet sekarang ini. Menurut catatan sejarah, Istana Potala mulai dibangun pada masa berkuasanya Songtsan Gambo Dinasti Tibet abad ke-7 Masehi, merupakan pusat politik masa itu.

Di Istana ini juga ada beberapa makam dari para Dalai Lama sebelumnya. Setiap makam dibangun dengan keagungan dan kehormatannya sendiri.Misalnya makam Dalai Lama kelima yang terletak di sebelah barat itu dilapisi dengan emas, berlian, mutiara, dan banyak permata berharga lainnya.

Sederetan atap emas adalah pemandangan yang unik di Istana Merah. Kurang lebih ada tujuh atap yang terbuat dari perunggu berlapis emas. Dikenal sebagai puncak dari stupa suci Dalai Lama.

Baca juga :

Di istana ini ada 698 mural, hampir 10.000 gulungan lukisan, banyak patung, karpet, kanopi, tirai, porselen, batu giok, benda-benda yang terbuat dari emas-perak, koleksi sutra dan dokumen sejarah penting.

Istana Potala bertingkat 13 tingginya 110 meter, merupakan struktur batu dan kayu. Tembok istana terbuat dari batu granit, yang paling tebal mencapai 5 meter. Dasar tembok berisi lapisan batu, di dalam tembok luar diisi cairan besi untuk meningkatkan keutuhan seluruh bangunan dan daya tahan terhadap gempa bumi, sedang di atasnya dilengkapi hiasan terbuat dari emas untuk penangkal petir. Selama ratusan tahun ini, Istana Potala telah mengalami berkali-kali sambaran petir dan gempa bumi, tapi bangunan itu tetap berdiri kokoh.

Istana Potala terdiri dari Istana Putih di bagian timur sebagai tempat tinggal Dalai Lama, Istana Merah di bagian tengah yang merupakan balairung pemujaan Buddha dan pagoda persemayaman arwah Dalai Lama serta rumah biksu berwarna putih di bagian barat. Di depan Istana Merah terdapat sebuah tembok putih yang tinggi, tempat menggantungkan permadani besar bergambar Buddha pada hari raya agama. Walaupun bangunan-bangunan di Istana Potala dibangun pada masa yang berbeda, namun seluruh bangunan istana tampak sangat megah dan selaras karena dengan cerdik memanfaatkan topografi bukit, sehingga mencapai taraf sangat tinggi dalam estetika seni bangunan.