Suzhou Gardens, Suzhou

Suzhou Gardens, Suzhou – Estetika yang elegan dan kehalusan taman para cendekiawan ini dan gaya dan fitur mereka yang halus sering ditiru oleh berbagai taman di bagian lain Cina, seperti yang ada di Chengde Mountain Resort. Sekelompok taman di wilayah Suzhou , provinsi Jiangsu , Cina, yang telah ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO .

Mencakup periode hampir seribu tahun, dari Song Utara ke akhir dinasti Qing (abad 11-19), taman-taman ini, sebagian besar dibangun oleh para sarjana, menstandarkan banyak fitur kunci dari desain taman Cina klasik dengan lanskap buatan yang ditiru meniru pemandangan alam berupa bebatuan, bukit, dan sungai dengan paviliun dan pagoda yang berlokasi strategis.

Estetika yang elegan dan kehalusan taman para cendekiawan ini dan gaya dan fitur mereka yang halus sering ditiru oleh berbagai taman di bagian lain Cina, termasuk berbagai Taman Kekaisaran, seperti yang ada di Chengde Mountain Resort. Menurut UNESCO , kebun-kebun di Suzhou “mewakili pengembangan desain taman lanskap Tiongkok selama lebih dari dua ribu tahun,” dan mereka adalah “bentuk seni taman yang paling halus”.

Baca juga :

Taman lanskap ini berkembang di pertengahan Ming hingga dinasti Qing awal, menghasilkan sebanyak 200 taman pribadi. Saat ini, ada 69 taman yang dilindungi di Suzhou, dan semuanya ditetapkan sebagai “Situs Warisan Nasional” yang dilindungi. Pada tahun 1997 dan 2000, delapan taman terbaik di Suzhou bersama satu di kota kuno terdekat Tongli dipilih oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia untuk mewakili seni taman klasik bergaya Suzhou.

Perancang taman Suzhou yang terkenal meliputi Taman Administrator Humble – Taman Terbesar Suzhou,
Taman Lingering – Terkenal karena Arsitekturnya Yang Mencengangkan, Master of the Nets Garden – Taman Terkecil Suzhou, Taman Lion Grove – Didominasi oleh Formasi Batuan yang Rumit, Paviliun Canglang – Taman Tertua di Suzhou.