Stadion Nasional (Bird Nest) China

Stadion Nasional (Bird Nest) China – Terkenal sebagai Sarang Burung, Stadion Nasional terletak di Olympic Green Village, Distrik Chaoyang Kota Beijing. Desain stadion besar ini diselesaikan bersama oleh arsitek Swiss Jacques Herzog dan Pierre de Meuron dan arsitek China Li Xinggang dan yang lainnya. Para desainer tidak melakukan pembuangan berlebihan untuk tampilan stadion. Mereka hanya mengekspos struktur baja sepenuhnya dan membiarkannya menjadi penampilan paling alami. Bentuk stadion terlihat seperti sarang besar yang merangkul dan merawat manusia. Juga terlihat seperti buaian yang membawa harapan manusia akan masa depan.

dirancang sebagai stadion utama Olimpiade Beijing 2008. Acara Olimpiade trek dan lapangan, sepak bola, gavelock, lempar beban dan diskus diadakan di sana. Sejak Oktober 2008, setelah Olimpiade berakhir, telah dibuka sebagai objek wisata. Sekarang, ini adalah pusat kompetisi olahraga dan kegiatan rekreasi internasional atau domestik. Pada tahun 2022, upacara pembukaan dan penutupan acara olahraga penting lainnya, Olimpiade Musim Dingin akan diadakan di sini.

Pembangunan Stadion Nasional dimulai pada 24 Desember 2003. Pada Juli 2004, proyek dihentikan sementara karena amandemen desain. Pada 27 Desember di tahun yang sama, konstruksi dilanjutkan dan selesai pada Maret 2008. Biaya kotor seluruh proyek adalah 2.267 juta yuan Cina (sekitar 33 juta dolar).

Baca Juga :
wisata di china taman jingshan
tempat wisata di china kota hainan
tempat wisata di china guangzhou

Stadion ini meliputi area seluas sekitar 63,6 hektar (25,8 hektar), yang dapat menampung 80.000 kursi tetap dan 11.000 kursi sementara. Penampilannya dibentuk oleh rangka baja besar. Permukaan atas berbentuk pelana dengan sumbu utama 1.090 kaki (332,3 meter) dan sumbu rintisan 972 kaki (296,4 meter). Titik tertinggi stadion adalah 225 kaki (68,5 meter) di atas tanah dan titik terendah adalah 140 kaki (42,8 meter). Bagian atas ditutupi oleh film gelembung udara semi-transparan. Bahan semacam ini tahan air dan bisa membuat sinar matahari cukup menembus ke dalam stadion. Karena itu, rumput di dalamnya dapat tumbuh dengan baik.

Di Stadion Nasional, desain semuanya humanistik. Zona dudukan seperti mangkuk mengelilingi pengadilan. Stand dapat diubah dalam banyak cara, yang dapat memenuhi kebutuhan jumlah penonton yang berbeda di periode yang berbeda. Selama Olimpiade, kursi sementara ditetapkan di bagian atas zona tribun. Barisan tribun mendistribusikan secara ilmiah. Tidak masalah di mana penonton duduk, seluruh permainan dapat dilihat tanpa gangguan visual. Stadion ini mengadopsi sistem alamat publik elektro-akustik. Itu membuat indeks definisi suara mencapai 0,6. Nomor ini memastikan bahwa semua penonton dapat mendengar siaran dengan sangat jelas. Terlebih lagi, ada lebih dari 200 kursi kursi roda yang ditujukan untuk penyandang cacat. Banyak ahli arsitektur berpikir bahwa itu bukan hanya merupakan simbol pembangunan Olimpiade 2008 tetapi juga memberikan contoh yang sangat baik untuk sejarah arsitektur dunia.

Tip: Selain Stadion Nasional, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitarnya seperti National Aquatics Centre (Water Cube) dan National Indoor Stadium.