Potala Palace, Lhasa

daftarwisatadichina.web.id – Potala Palace, Lhasa, Di kesempatan kali ini DaftarWisatadiChina akan membawa teman – teman ke salah satu tempat wisata menyenangkan di negeri tirai bambu ini. Bagi yang ingin berkunjung kesini silakan di simak imformasi berikut ini. dan jika anda sedang berpikir untuk berkunjung ke China, mungkin ini bisa jadi rekomendasi untuk anda ya.

Sebagai istana musim dingin Dalai Lama dari abad ke-7, Istana Potala yang terletak di Lhasa melambangkan agama Budha Tibet serta menjadi pusat administrasi tradisional Tibet.

Baca juga : Giant Panda, Chengdu

Dengan lebih dari 1.000 kamar, di Potala terdapat tempat tinggal Dalai Lama selama mereka masih hidup dan makam emas mewah ketika mereka sudah meninggal. Istana ini merupakan tempat tinggal Dalai Lama sebelum mereka melarikan diri ke India, setelah invasi China pada tahun 1959.

Istana ini juga merupakan rumah dari sebagian besar peninggalan budaya langka, termasuk kitab Buddha yang ditulis dengan emas dan hadiah dari Kaisar China. Untuk mencapai istana ini Anda harus mendaki banyak tangga, sehingga pastikan untuk menyiapkan stamina dan menggunakan sepatu tanpa hak.

Dalai Lama merupakan pemimpin negara Tibet sejak tahun 1391 dan sampai sekarang ada Dalai Lama ke-14, yaitu Tenzin Gyatso. Sejak Dalai Lama pertama, secara turun temurun mereka tinggal di Potala Palace atau Istana Potala yang berada pada 12,139 meter di atas permukaan laut. Tetapi pada tahun 1959, ada invasi yang dilakukan pemerintah Tiongkok untuk memperluas wilayah dan Tibet pun menjadi sasaran. Akhirnya Dalai Lama ke-14 mengungsi ke India dan harus meninggalkan istana tersebut.

Setelah invasi dilakukan, Istana Potala hancur lebur. Beberapa aktivis dari Tibet berusaha menyelamatkan istana tersebut dari kehancuran yang lebih berat. Pada akhirnya, pemerintah Tiongkok yang didesak oleh negara-negara tetangga memutuskan untuk menyelamatkan istana tersebut. Setelah melakukan pemugaran total, pada tahun 1994 istana tersebut masuk sebagai UNESCO World Heritage.

Setelah menjadi warisan dunia, Pemerintah Tiongkok membuka Istana Potala untuk khalayak umum. Di dalam Istana Potala juga terdapat museum dan perpustakaan yang berisi buku-buku peninggalan Dalai Lama. Ketika pertama kali dibuka pada 2003, Istana Potala ini langsung menjadi daya tarik wisatawan yang ada di seluruh dunia.

Para wisatawan tertarik dengan kisah Dalai Lama yang sangat dihormati oleh seluruh orang di dunia. Bahkan ketika Kekaisaran Mongol, Tibet mendapatkan perhatian yang sangat lebih dan dibebaskan untuk mengembangkan negaranya sendiri karena Tibet dikenal sebagai negara yang sangat religius. Ketika anda mengunjungi Istana Potala, anda akan dibawa ke masa-masa Dalai Lama terus berjuang di jalannya sendiri.

Untuk menuju ke Istana Polata, Anda bisa naik pesawat ke Tibet dan turun di The Lhasa Gonggar Airport, di sana anda tinggal naik bus ke Istana Potala