Li River Cruise, Guangxi

Li River Cruise, Guangxi – Sungai di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, Cina. Sungai ini mengalir 83 kilometer dari Guilin ke Yangshuo, tempat pegunungan karst dan pemandangan sungai menyoroti pelayaran Sungai Li yang terkenal.

Sungai Li berasal dari Pegunungan Maoer di Kabupaten Xing’an dan mengalir ke arah selatan umum melalui Guilin, Yangshuo, dan Pingle. Di Pingle, Sungai Li menyatu dengan Sungai Lipu dan Sungai Gongcheng dan berlanjut ke selatan sebagai Sungai Gui, yang jatuh ke Xi Jiang, anak sungai barat Sungai Pearl, di Wuzhou. Turis perahu rafting berlayar dari Xingping di Sungai Li

Hulu Sungai Li dihubungkan oleh Kanal Lingqu kuno dengan Sungai Xiang , yang mengalir ke utara ke Yangtze ini di masa lalu menjadikan Sungai Li dan Gui bagian dari jalur air yang sangat penting yang menghubungkan Lembah Yangtze dengan Delta Sungai Mutiara .

Jalan Li dan Gui sepanjang 437 kilometer diapit oleh perbukitan hijau. Penangkapan ikan kormoran sering dikaitkan dengan Lijiang. Kapal pesiar wisata dari Guilin ke Yangshuo terkenal, menarik jutaan pengunjung setiap tahun.

Baca juga :

Sungai Li dan anak-anak sungainya mengalir dari Guilin ke Yangshuo, turun dari 141 m di Guilin menjadi 103 m di Yangshuo. Aliran rata-rata melewati Guilin adalah 215 meter kubik per detik , dan sedimen alluvium yang terdiri dari kerikil yang diurutkan dengan baik ditutupi oleh pasir berlumpur , membentuk dataran banjir dan teras di sepanjang rutenya. Namun, itu adalah 2.600 m dari batu kapur Devonian dan Carboniferous dan medan karst di dalam Cekungan Guilin, yang memberikan area tersebut lanskap yang dramatis. Dua jenis khas karst ditemukan, Fengcong, dan Fenglin, yang telah berevolusi selama 10-20 juta tahun terakhir, dalam Kenozoikum.

Karst Fengcong mendominasi jalannya Sungai Li dan didefinisikan sebagai sekelompok bukit batu kapur dengan dasar batu kapur yang sama, dengan depresi atau lumba – lumba yang dalam di antara puncak, dan kadang-kadang digambarkan sebagai karst puncak gugusan depresi karst. Ratusan gua hadir di medan ini, dengan 23 memiliki bagian yang lebih panjang dari 1 km di sepanjang ngarai Sungai Li. Yang terpanjang adalah Sistem Gua Guanyan yang memanjang dari Caoping ke Nanxu.

Fenglin mendominasi wilayah di sekitar Yangshuo dan selatan Guilin dan didefinisikan sebagai bukit kapur terisolasi yang dipisahkan oleh permukaan kapur datar yang umumnya ditutupi oleh sedimen longgar, dan kadang-kadang digambarkan sebagai dataran puncak hutan. Fenglin yang paling terkenal adalah menara karst di sekitar Yangshuo.

Menara-menara ini terdiri dari batu kapur yang kuat dan masif yang terbentuk di dekat sisi vertikal dengan diameter dasar kurang dari 1,5 kali tingginya. Ketinggian menara berkisar antara 30 hingga 80 m di cekungan pusat, tetapi bisa setinggi 300 m di dekat Fengcong. Faktanya, Fenglin berevolusi dari Fengcong dengan pengangkatan tektonik yang lambat dan terus menerus, terkait dengan zona orogenik Himalaya , dan erosi menara yang lebih lambat.