Beberapa Tempat Wisata Andalan Xiamen

Daftarwisatadichina.web.id – Tiga puluh dua tahun lalu, kota Xiamen, sebuah kota di China bagian tenggara dan masuk Provinsi Fujian, biasa saja. Tidak menarik untuk membuat banyak orang datang. Namun saat ini, kota ini menjadi kota industri dan pariwisata yang berkembang pesat.

Harus diakui, pemerintah China pintar membangun sesuatu, sehingga orang datang. Banyak yang harus dipelajari dari China. Selain infrastruktur, pembangunan pariwisata China juga perlu dicontoh.

Bagaimana pemerintah China membangun infrastruktur yang mendukung pariwisata, bagaimana mengemas tempat wisata, bagaimana membuat wisatawan mudah dan betah di sebuah kota di China, dan sebagainya.

Untuk berkunjung ke Xiamen, dari Jakarta, ada penerbangan langsung menuju Xiamen menggunakan Xiamen Airlines setiap harinya.

Berikut tempat wisata di Kota Xiamen yang memang layak didatangi dan dicontoh oleh Indonesia.

1. Gulangyu Island

Setiap Sabtu dan Minggu, adalah hari-hari puncak wisatawan berbondong-bondong ke pulau yang terletak antara Pulau Xiamen dengan daratan utama (Mainland) itu.

Untuk menuju pulau bersejarah ini, wisatawan harus naik kapal feri dari beberapa dermaga yang dibangun di kawasan Jl Lu Jiang Do. Perlu waktu sekitar 8 menit menyeberang sampai dermaga Gulangyu. Cuaca sangat bagus saat itu, sejuk dengan suhu sekitar 17 derajat Celcius.

Pulau Gulangyu merupakan tempat tinggal orang-orang asing ketika Pelabuhan Xiamen dibuka untuk perdagangan internasional pada tahun 1842. Pada tahun 1903, pulau ini bahkan dikenal sebagai pemukiman internasional. Karena itu, salah satu hal menarik yang bisa dilihat adalah bangunan-bangunan berarsitektur Eropa yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. Oleh UNESCO, pada pertengahan 2017 lalu pulau ini ditetapkan sebagai world heritage site.

Agar pulau ini semakin menarik wisatawan, pemerintah Xiamen mempercantik pulau ini dengan membangun sejumlah patung besar di bukit dan beberapa tempat. Ada patung Koxinga, pahlawan China zaman dulu, yang dipasang di pinggir pantai sehingga sangat jelas terlihat dari Pulau Xiamen. Saat malam hari, patung ini terlihat jelas dari kejauhan karena dipasangi lampu yang sangat terang.

Baca Juga : Tempat Wisata di Shanghai yang Wajib Banget Dikunjungi

2. Zhongshan Road

Kawasan ini terletak di tengah-tengah kawasan komersial Xiamen. Lokasi seluas 1 km persegi. Lokasi ini sebenarnya adalah tempat berbelanja,. Ada banyak toko yang berada di gedung-gedung yang berderet panjang.

Barang yang dijual berbagai macam, seperti makanan, minuman, suvenir, fashion, dan sebagainya. Lokasi utamanya adalah toko-toko di gedung yang berada di samping kanan dan kiri jalan Zhongshan. Jalan ini cukup lebar, sekitar 10 meter. Selain di jalan utama ini, toko-toko juga ada di jalan-jalan yang lebih kecil di kawasan ini.

Bangunan-bangunan yang ada di kawasan ini berarsitektur bagus. Bukan bangunan kuno, tapi bangunan relatif baru. Lokasinya juga sangat bersih. Zhongshan Road akan sangat ramai sejak sore hingga malam hari. Anda bisa membeli oleh-oleh di tempat ini sebelum meninggalkan kota Xiamen.

3. Zengcuo’an

Lokasi wisata yang relatif baru adalah Zengcuo’an, yang berada di kawasan pantai Xiamen yang agak jauh dari pusat kota. Kawasan ini bernama lengkap: Zengcuo’an, Cultural and Recreational Village. Dulu kawasan ini merupakan perkampungan nelayan. Sempat akan digusur untuk didirikan hotel-hotel bintang lima, namun akhirnya batal.

Salah seorang mahasiswa Xiamen University memelopori untuk mengubah perkampungan nelayan menjadi lokasi wisata. Dia terinspirasi oleh bangunan-bangunan dengan arsitektur menarik, termasuk kelenteng di kawasan ini yang berpotensi jadi tempat wisata bila dikembangkan. Akhirnya, kawasan ini benar-benar jadi kawasan wisata baru yang dikunjungi orang, sementara para nelayan direlokasi ke tempat lain. Pemerintah Xiamen mendukung hal ini.

4. Kampus Xiamen University

Xiamen University merupakan universitas terbaik di Xiamen. Perguruan tinggi ini didirikan oleh seorang tokoh China di luar negeri bernama Tan Kah Kee pada 1921. Ini merupakan salah satu universitas tertua di China. Xiamen University memiliki puluhan ribu mahasiswa yang berasal dari China maupun negara asing. Kampus utamanya terletak di Distrik Si Ming.

Kampus ini juga memiliki stadion yang sangat bagus dan indah. Stadion sepakbola dan track lari ini terletak di depan gedung Jiannan Auditorium, gedung utama yang biasa digunakan tempat wisuda. Jiannan Auditorium yang sangat bernuansa China di bagian atapnya ini, juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Para wisatawan biasanya berfoto dengan latar belakang gedung ini.